Penelitian Kolaboratif: Agama dan Partisipasi Politik

Dinamika sosial – politik Indonesia akrab dengan sentuhan nilai – nilai agama sebagai satu dari sekian konsekuensi menyejarah, yang bertaut dengan aktivitas sehari – hari. Partisipasi masyarakat dalam berbagai level peristiwa sosial – politik  belakangan ini pun menjalin pertalian erat dengan dinamika tersebut baik yang ditangkap media, maupun yang terlepas dari lensa kamera. Rangkaian aksi bela islam di Jakarta, misalnya, menunjukkan bahwa agama memiliki daya untuk mengelola partisipasi masyarakat dalam menyampaikan artikulasi politiknya. Memang, peristiwa serupa mengandung peluang pembacaan yang tidak tunggal. Namun, setidaknya, terlihat bahwa agama secara institusional dapat berperan sebagai arena pembelajaran bagi warga sebagai masyarakat sipil untuk mengambil peran dalam aktivitas bernegara. Tentu saja, tidak hanya dalam partisipasi politik yang masif, namun mencakup juga partisipasi sehari – hari.

Departemen Sosiologi mengeksplorasi dinamika tersebut dalam penelitian kolaboratif yang dikelola oleh Dr. Muhammad Najib Azca dan Dr. Hakimul Ikhwan dari Departemen Sosiologi UGM bekerjasama dengan Dr. Danielle Lussier dari Departemen of Political Sciences, Grinnell College (USA). Selama tiga hari, Rabu (29/3) – Jumat (31/3) team penelitian mengadakan workshop guna mendalami berbagai elemen yang bertautan dengan hubungan antara praktik beragama baik secara individu maupun institusional dengan partisipasi kewargaan. Selain itu, dalam workshop tersebut masing – masing dari peneliti memaparkan pengalamannya terkait dengan riset dengan nuansa serupa. Dr. Muhammad Najib Azca, misalnya bercerita bahwa bukan hal mudah bagi peneliti untuk masuk ke ranah yang sensitif terlebih ketika peneliti mengemban identitas yang berbeda dengan subjek penelitian. Ini merupakan satu tantangan yang perlu dikelola sebagai satu pembelajaran bagi peneliti terhadap praktik multikultur; yang kadang tidak mudah ketika ditaruh dalam konteks penelitian. Dr. Danielle Lussier sendiri bercerita soal pengalamannya melakukan observasi di beberapa rumah ibadah di Yogyakarta.

Observasi tersebut dilakukan awal di paruh waktu 2015 – 2016 untuk memetakan partisipasi warga baik dalam aktivitas politik sehari – hari maupun dalam pemilu. Data tersebut yang kemudian didiskusikan untuk merespon peluang – peluang pembacaan yang menyeluruh. Terlebih lagi, beberapa waktu lalu, banyak daerah di Indonesia menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah, termasuk Kota Yogyakarta. Penelitian ini sekaligus dikelola untuk melihat salah satu bentuk partisipasi warga dalam pilkada yang baru saja berlalu; meskipun tetap memperhitungkan lebih dalam bentuk partisipasi yang lain, misalnya pengelolaan kegiatan kolaboratif bernuansa multikultur dan aktivitas yang lain, mengingat Yogyakarta belakangan ini digempur oleh aksi – aksi intoleran. Rumah ibadah dipilih sebagai satu arena karena kehadirannya memiliki peluang untuk mengakomodasi baik Jemaah tetap yang secara regular datang, maupun warga yang hilir mudik di daerah perkotaan. Dinamika ini mengandung kesempatan untuk merekam partisipasi kewargaan di berbagai level. Data sementara hasil dari observasi Dr. Danielle akan digunakan sebagai salah satu referensi untuk menimba cerita dari jemaat di beberapa rumah ibadah di Yogyakarta. Peta partisipasi yang sementara telah teridentifikasi akan diperdalam melalui penelitian yang akan dilakukan.

Penelitian ini akan berlangsung selama satu tahun ke depan di beberapa rumah ibadah di Yogyakarta. Selain sebagai salah satu usaha untuk membangun pengetahuan. Hasil dari penelitian ini akan dipublikasikan baik dalam format Jurnal Internasional yang ditulis secara kolaboratif maupun Buku yang diolah dari data – data penelitian. Selain itu, kegiatan ini juga akan menjadi satu arena pembelajaran bagi mahasiswa. Nantinya, mahasiswa akan dilibatkan dalam proses penelitian sebagai satu kesempatan mengakumulasi pengalaman. Harapannya, mahasiswa dapat ambil bagian dalam proses membangun pengetahuan melalui pengelolaan kegiatan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *