Program Studi S3

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada memiliki Program Pendidikan Sosiologi untuk jenjang S1 dan S2. Program ini telah banyak meluluskan Sarjana dan Master yang saat ini bekerja tersebar di seluruh Indonesia, baik sebagai pendidik, peneliti, dan praktisi. Dalam Rangka mendorong kontinyuitas pendidikan dari jenjang S2 ke S3 dan sekaligus meningkatkan kualitas lulusan Doktor Sosiologi, maka program pendidikan tersebut perlu distrukturkan. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengurangi kelemahan program pendidikan Doktor yang selama ini tidak terstruktur (by research).

Program Pendidikan Doktor (S3) Sosiologi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dalam mengembangkan bidang disiplin Sosiologi pada khususnya dan ilmu-ilmu sosial pada umumnya dengan derajat akademik tertinggi. Pendidikan ini diselenggarakan dengan cara terstruktur (kombinasi by course work dan by research) agar peserta memperoleh wawasan seluas-luasnya, memiliki kemampuan mandiri dalam penelitian dan sikap kedisiplinan yang tinggi sebagai ilmuwan sosial. Oleh karena itu, program diarahkan untuk menghasilkan ilmuwan sosial yang memiliki kemampuan intelektual maupun keahlian praktis yang handal dalam menganalisis, menginterpretasi, dan memecahkan problem sosial dalam masyarakat.

Program Pendidikan Doktor (S3) Sosiologi yang terstruktur diharapkan akan dapat memberikan bekal secara teoritis dan kemampuan praktis yang memadai bagi para kandidat Doktor Sosiologi baik dalam melakukan penelitian, maupun dalam pengambilan kebijakan.

Tujuan Prodi

  1. Menghasilkan Doktor Sosiologi yang memiliki keahlian dalam bidang penelitian dan pengembangan bidang studi Sosiologi.
  2. Menghasilkan Doktor Sosiologi yang berwawasan luas dan kritis sehingga bermanfaat untuk pengembangan masyarakat.
  3. Menghasilkan Doktor Sosiologi yang memiliki bekal untuk dapat bekerja sebagai peneliti, praktisi, dan aktivitas sosial.

Waktu Studi
Program Doktoral Sosiologi didesain untuk diselesaikan selama 6 semester atau 3 tahun. Semester pertama dan kedua (tahun pertama) dialokasikan untuk perkuliahan melalui seminar. Pada tahun kedua dan ketiga, alokasi waktu studi dipergunakan untuk ujian proposal, ujian komprehensif, menulis disertasi, dan ujian tertutup dan terbuka (atau publikasi jurnal). Masa perpanjangan studi adalah 2 tahun, sehingga total masa studi menjadi 5 tahun.

Sistem Pembelajaran

Sistem Evaluasi

Sistem Bentuk Ujian

Kompetensi Keilmuan
Menguasai prinsip-prinsip dasar sosiologi dan mampu mengembangkan pemikiran kritis serta menghasilkan pemikiran inovatif yang sesuai dengan Logic of Social Science, yakni disiplin, kritis, reflektif, dan inovatif.
Kompetensi Keahlian
Mampu mengembangkan pemikiran kritis dan  inovatif serta menjadi agen transformasi sosial
Kompetensi Pendukung
Menguasai penulisan dan analisis akademik/ilmiah secara kritis, inovatif serta mampu melaksanakan kegiatan pengabdian maupun advokasi sosial sekaligus sebagai agen pembangunan dan pembaharu bagi masyarakat

 

 

Untuk info pendaftaran silahkan klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *