Lecture Note Sosiologi Energi
14 February 2020
Departemen Sosiologi UGM peringkat 175 Dunia Versi QS: Sebuah Catatan
10 March 2020

Kuliah Tamu “Membincang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Saat Ini” bersama Dr. Nihayatul Wafiroh

Dalam kuliah tamu bertajuk “Kondisi Jaminan Sosial Kita Saat ini” pada Jum’at, 6 Maret 2020, Dr. Nihayatul Wafiroh, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, menyatakan bahwa baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan menghadapi masalah yang mungkin dulu tidak terbayangkan ketika penyusunan Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (2011).

Pada BPJS Kesehatan, penerima bantuan iuran sejumlah 133 juta jiwa telah melampaui jumlah peserta yang membayar premi. Artinya, prinsip jaminan sosial yang semesta dan gotong royong kini menjadi beban negara. Bahkan kita sampai perlu berpikir sampai kapan dan apakah desain jaminan sosial kita yang seperti ini masih harus kita lanjutkan. Bila tetap kita lanjutkan, kita perlu mencari solusi yang komprehensif atas berbagai masalah yang sudah jelas di depan mata.


Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan hingga kini baru bisa mengakuisisi sekitar 51 juta jiwa pekerja, itupun mayoritas dari sektor formal. Padahal sebagian besar pekerja kita adalah di sektor informal. “Perlu ada terobosan dan inovasi supaya BPJS ketenagakerjaan tetap berjalan di atas prinsip universal coverage”, tandas Nihayah.


Penulis: M. Falikul Isbah