14 Juni 2023
Delima Silalahi, Alumni Departemen Sosiologi, Penerima Penghargaan Goldman Environmental Prize 2023

Prestasi membanggakan datang dari salah satu alumni Departemen Sosiologi UGM, Delima Silalahi, sebagai penerima penghargaan Goldman Environmental Prize 2023. Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya kepada aktivis gerakan akar rumput di bidang lingkungan oleh Goldman Environmental Foundation di Amerika Serikat. Delima berhasil menjadi salah satu dari enam penerima penghargaan tahun ini sebagai perwakilan dari Asia. Keberhasilan tersebut diraih atas kerja keras Delima dan Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) dalam membersamai masyarakat adat di Sumatera Utara untuk merebut kembali hak kelola atas hutan adat disana.

19 Mei 2023
Departemen Sosiologi UGM Menerima Kunjungan Delegasi Leiden University

Yogyakarta, 10 Mei 2023. Departemen Sosiologi UGM berkesempatan menerima kunjungan delegasi dari Leiden University pada hari Rabu (10/3), di Ruang Sidang Dekanat FISIPOL UGM. Kunjungan ini diinisiasi oleh Prof. Marieke Liem bersama Global Engagement Office (GEO) FISIPOL UGM.

14 Maret 2023
Kuliah Umum Departemen Sosiologi “Future and Expectation for Public Policy: Analysis from Ignorance and Failure Approaches”

Yogyakarta, 8 Maret 2023-Departemen Sosiologi berkesempatan mengadakan kegiatan public lecture dengan tema “Future and Expectation for Public Policy: Analysis from Ignorance and Failure Approaches”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Timur Fisipol UGM dengan menghadirkan narasumber Adriana Mica, Ph.D dan Mikolaj Pawlak, Ph.D dari University of Warsaw serta Dr. Muhammad Supraja sebagai dosen di Departemen Sosiologi. Dalam membahas future, ignorance, and failure sebagai pendekatan baru yang ditawarkan dalam ilmu sosiologi, kegiatan ini dipandu oleh Gregorius Ragil Wibawanto, M.A. sebagai moderator. 

21 Februari 2023
Departemen Sosiologi UGM Mengadakan Information Session Program Beasiswa LPDP untuk Gelar Ganda/Double Degree

Yogyakarta, 15 Februari 2023-Departemen Sosiologi UGM telah mengadakan Information Session mengenai Beasiswa LPDP untuk Gelar Ganda/Double Degree. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Dalam kesempatan ini, Dr. M. Falikul Isbah, G.D.Soc., M.A (Koordinator Program Double Degree Magister Sosiologi UGM) dan Amanda Resy Prafitra, S.S., M.SocPolicy, M.A (Alumni Program Double Degree Magister Sosiologi UGM) hadir sebagai narasumber dalam menyampaikan informasi-informasi penting serta berbagi pengalaman mengenai Program Double Degree Magister Sosiologi UGM. Mahasiswa yang diterima dalam program ini nantinya akan menempuh pendidikan di dua universitas yaitu Magister Sosiologi UGM dan Master of Social Policy, the University of Melbourne, Australia.

30 Januari 2023
Seminar Kick Off Gerakan Nasional Revolusi Mental Tahun 2023: Transformasi Kebijakan Perlindungan Sosial

Yogyakarta, 25 Januari 2023-Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan penandatanganan nota kesepakatan tentang Kerja Sama Program Revolusi Mental dalam Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Penandatanganan nota kesepakatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang Pimpinan UGM. Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Kick Off Gerakan Nasional Revolusi Mental Tahun 2023 dengan mengusung tema “Transformasi Kebijakan Perlindungan Sosial” yang berlangsung di Balai Senat UGM. Seminar ini dihadiri tidak hanya oleh perwakilan Kemenko PMK tetapi juga dihadiri oleh dosen dan mahasiswa UGM secara terbatas.