6 Juli 2022
Reuni Alumni Sosiologi UGM Pagelaran

Departemen Sosiologi UGM mengadakan acara Reuni Alumni Sosiologi UGM Pagelaran pada Sabtu-Minggu, 25-26 Juni 2022 di Ruang Sidang MAP Lantai 1 FISIPOL UGM. Acara reuni alumni yang dilaksanakan selama dua hari memiliki slogan “Mendekatkan yang jauh, mengakrabkan yang dekat”. Acara ini dihadiri oleh Alumni Sosiologi UGM angkatan ‘63 sampai ‘68 dengan diketuai oleh Bapak Wiryanto selaku Ketua Panitia Reuni sekaligus perwakilan dari Jakarta, Ibu Partini selaku perwakilan dari Jogja, dan Ibu Sutimah selaku perwakilan dari Kalimantan Selatan.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada. Dilanjut dengan kata sambutan oleh Ketua Departemen Sosiologi UGM, Bapak Prof. Dr. Suharko M.Si dan Ketua Panitia Reuni, Bapak Wiryanto. Dalam kesempatan yang sama, acara dilanjutkan dengan sambutan dari mantan  Dosen Sosiologi UGM Pagelaran, Bapak Drs. Soenjoto, M.Si.

Pada hari pertama acara reuni, beberapa alumni menyampaikan pengalamannya setelah lulus dari Sosiologi UGM, diikuti dengan pemberian kenang-kenangan kepada mantan dosen Sosiologi UGM yakni Bapak Drs. Soenjoto, M.Si.. “Bagi kita yang bisa menyampaikan ini kepada mantan guru kita, apapun wujudnya mohon untuk diterima. Agar supaya hati kita ini merasa lega, walau hutang budi kita tidak akan terbalas sampai kapanpun. Ini adalah bakti dan rasa hormat kita sekaligus tulus dari anak muridnya,” ungkap Ibu Partini saat penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Soenjoto.

Melanjutkan acara reuni, jalan-jalan untuk nostalgia bagi alumni Sosiologi UGM Pagelaran dilanjutkan di hari Minggu ke berbagai tempat rekreasi di DIY. “Mudah-mudahan dengan reuni ini, teman-teman bisa terobati rasa kangennya selama setengah abad lebih tidak bertemu,” jelas Bapak Wiryanto. Atas penyelenggaraan acara reuni alumni ini, beliau menyampaikan harapannya untuk keberlanjutan reuni alumni ini di masa yang akan datang bagi generasi selanjutnya.

Penulis: Kartika Situmorang

25 Februari 2022
Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Suharko, M.Si. : Risiko dalam Era Antroposen: Perspektif dan Area Kajian Sosiologi

Prof. Dr. Suharko, M.Si. dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Sosiologi pada hari Selasa, 22 Februari 2022. Upacara pengukuhan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademik yang ada di dalam maupun luar lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Dalam upacara pengukuhannya, beliau menyampaikan pidato yang berjudul “Risiko dalam Era Antroposen: Perspektif dan Area Kajian Sosiologi”. Bagi Prof. Dr. Suharko, M.Si., ada beberapa alasan mengapa Sosiologi perlu mengkaji isu risiko. Pertama adalah konteks dan lingkungan fisik, spasial, serta sosial yang terus berubah secara cepat dan tidak terduga, seperti yang terjadi saat pandemi covid-19 ini terjadi. Kedua, dalam konteks antroposen, Sosiologi harus berdialog dengan berbagai disiplin keilmuan lain untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan tentang risiko sebagai konsep yang multidimensional. Tidak hanya itu saja, sebelum penutupan pidato pengukuhannya, beliau juga menyampaikan tiga isu yang setidaknya dapat dijadikan agenda-agenda kajian, diantaranya: keadilan dan gerakan lingkungan, kerentanan dan resiliensi, pengarusutamaan isu risiko dan kewargaan.

Setelah upacara pengukuhannya selesai dilakukan di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, beliau melanjutkan dengan acara ramah tamah dengan para kolega yang digelar di Selasar Barat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam acara tersebut, beliau menyampaikan agar kedepannya Departemen Sosiologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mampu mencetak lebih banyak lagi guru besar yang mampu menyumbangkan gagasan kritisnya untuk dunia akademik.

18 Februari 2022
Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Suharko, M.Si.
18 Januari 2022
Beasiswa Program Doktoral FISIPOL UGM – Triple Disruption dan Transformasi Kekuasaan
23 September 2021
Applications Open for the Split-Site Master’s Scholarship Program for Civil Servants Working in the Social Sector

Kesempatan emas bagi para PNS yang bekerja di sektor sosial dan ingin melanjutkan pendidikan di Australia & Indonesia: Beasiswa Split-Site Master’s Program untuk sektor sosial kini telah dibuka!

Program beasiswa hasil kerjasama Kementerian PPN/Bappenas dengan Australia Awards in Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan The University of Melbourne ini memberikan kesempatan kepada PNS untuk melanjutkan studi selama 1 tahun di Universitas Gadjah Mada (Indonesia), dan 1 tahun di The University of Melbourne (Australia) di tahun akademik 2022 – 2024.

Di akhir masa studi, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar S2 yaitu Magister Sosiologi dan Master of Social Policy.

Pendaftaran dibuka hingga 29 Oktober 2021. Info lebih lanjut, kunjungi: https://www.australiaawardsindonesia.org/news/detail/244000108/applications-open-for-the-split-site-masters-scholarship-program-for-civil-servants-working-in-the-social-sector