Profil Program Studi


Mempersiapkan lulusan yang memiliki kapasitas untuk mengidentifikasi dan merespons persoalan sosial kontemporer di tataran lokal, nasional, regional, dan global.


Program Studi Doktoral Ilmu Sosiologi mengembangkan isu strategis melalui persiapan lulusan yang memiliki kapasitas untuk mengidentifikasi dan merespons persoalan sosial kontemporer di tataran lokal, nasional, regional dan global. Selain itu, Program Studi Doktoral Ilmu Sosiologi berfokus untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas staf pengajar, peneliti dan mahasiswa dengan berorientasi pada publikasi nasional dan internasional serta kemampuan dalam memecahkan persoalan sosial kontemporer dalam masyarakat.

Terwujudnya institusi pendidikan berbasis riset yang berorientasi pada pencerahan dan social empowerment

  • Melaksanakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian analisis dan tafsir sosial, berpikir kritis dan reflektif serta menghasilkan pemikiran-pemikiran inovatif
  • Melaksanakan penelitian yang bertujuan pada pengembangan pemikiran-pemikiran inovatif
  • Melaksanakan pengabdian yang berorientasi pada tumbuhnya kesadaran kritis, transformasi sosial dan pemberdayaan masyarakat
  • Menghasilkan Sosiolog yang memiliki keahlian analisis dan tafsir sosial serta berpikir kritis dan reflektif
  • Menghasilkan Sosiolog yang mampu mengembangkan pemikiran inovatif dalam penelitian
  • Menghasilkan Sosiolog yang memiliki wawasan luas tentang realitas sosial kemasyarakatan berbasis pemikiran kritis, transformatif, dan pemberdayaan (empowering)

Profil Lulusan


Menghasilkan lulusan yang memiliki keahllian melakukan analisis dan tafsir sosial serta mampu berfikir kritis dan reflektif


Program studi doktoral Sosiologi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahllian melakukan analisis dan tafsir sosial serta mampu berfikir kritis dan reflektif. Prodi S3 Sosiologi UGM juga memiliki tujuan menghasilan sosiolog yang dapat mengembangkan pemikiran secara inovatif dalam penelitian, berwawasan luas, dapat memahami realitas kemasyarakatan serta mampu melakukan upaya-upaya transformative dan pemberdayaan. Mewujudkan tujuan tersebut, Prodi S3 Sosiologi telah menetapkan visi dan misi sebagai institusi pendidikan berbasis riset yang  berorientasi pada pencerahan dan social movement.

Selengkapnya

INFORMASI PENDAFTARAN

Program Doktoral

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Doktoral terdiri dari:

  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.
  1. Jalur Kerja sama
    Diperuntukkan bagi:
    a. pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
    b. pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
  1. Jalur Pelamar Beasiswa
    Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/pihak pemberi beasiswa.
  1. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
  1. Jalur Matrikulasi Pra Magister
    Diperuntukkan bagi pendaftar program matrikulasi pra magister.
  1. Jalur Berbasis Penelitian (by research)
    Diperuntukkan bagi pendaftar program Magister atau Doktor yang telah memiliki pengalaman penelitian dan publikasi sebelumnya, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi.

Informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri UGM akan diinformasikan kemudian di laman ini.

Daftar Mata Kuliah Program Doktoral

KodeNama Mata KuliahSifatJumlah SKSSemesterDeskripsi Mata Kuliah
SPSL210101Isu-isu Sosiologi Kontemporer

(Issues of Contemporary Sociology)
Wajib41

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji isu-isu aktual yang terjadi di masyarakat; baik tingkat komunitas, lokal, nasional maupun global yang menarik dan relevan (inspiratif) dikaji secara sosiologi dan memfasilitasi peserta kuliah untuk mengeksplorasi dan mendalami tema-tema yang diminati sebagai bahan untuk rencana disertasi

SPSL210102Metode Penelitian Sosial

(Social Research Methods)
Wajib41

Metode Penelitian Sosial mencakup pembelajaran tentang strategies of inquiries atau pendekatan riset, mekanisme dan prosedur pengumpulan & analisis data sosial untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah. Mata kuliah ini juga mendiskusikan contoh-contoh hasil penelitian terbaik dari setiap metode riset, yang termuat dalam jurnal, buku, dan disertasi.

SPSL210103Metodologi Ilmu-ilmu Sosial

(Methodology of Social Sciences)
Wajib41

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman metodologi ilmu-ilmu sosial kepada mahasiswa. Materi kuliah ini terdiri dari sejumlah pemikiran, metodologi, dan strategi pengaplikasiannya dalam penelitian. Setelah mengikuti perkuliahan ini peserta dapat mmilih metodologi yang relevan dengan kerangka teoritik yang digunakan dalam disertasi.

SPSL210104Teori Sosiologi

(Theory of Sociology)
Wajib41

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teoretik kepada mahasiswa dalam mempelajari sosiologi. Materi kuliah ini terdiri dari sejumlah pemikiran utama yang dibagi dalam empat kategori kronologis perkembangan pemikiran sosiologi, yakni klasisisme, modernism, kritisisme, dan postmodernisme/post-strukturalist.

SPSL210107Artikel Jurnal Disertasi

(Dissertation-based Article Journal)
Wajib43
SPSL210108Penilaian Naskah Disertasi

(Dissertation Review)
Wajib185
SPSL210205Seminar Proposal Disertasi

(Dissertation Proposal Seminar)
Wajib42
SPSL210206Proposal Disertasi

(Proposal of Dissertasion)
Wajib42
SPSL210207Ujian Tertutup

(Dissertation-based Article Journal)
Wajib46