Profil Program Studi


Kami memberikan landasan yang komprehensif berupa pemahaman, aplikasi, daya kritis dan kontekstualisasi yang kuat mengenai teori dan metodologi


Prodi S1 Sosiologi Fisipol UGM memiliki keistimewaan pada trademark yang menyejarah, konsisten dan terus menerus dikembangkan khususnya terkait dengan teori dan metodologi. Keduanya merupakan aspek substantif terpenting dalam keilmuan sosiologi global. Kami memberikan landasan yang komprehensif berupa pemahaman, aplikasi, daya kritis dan kontekstualisasi yang kuat mengenai teori dan metodologi sebagai bekal mahasiswa yang berguna untuk memasuki dunia kerja ke depan dan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Terwujudnya institusi pendidikan berbasis riset yang berorientasi pada pencerahan dan social empowerment

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan analisis dan tafsir sosial
  • Melakukan penelitian yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Sosiologi
  • Melaksanakan pengabdian yang berorientasi pada pemecahan masalah-masalah sosial

Profil Lulusan


Prodi S1 Sosiologi memiliki beberapa kategori lulusan berbasis kesepakatan dari Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APPSI), kemajuan digital teknologi mutakhir, demand pasar kerja, dan perubahan sosial di masyarakat.


Profil Lulusan Selengkapnya
NoKategoriJenis Pekerjaan
1Analis SosialPengamat Kebijakan Publik, Digital Workers, dll
2Peneliti SosialPeneliti, Pekerja Kreatif, dll
3Konsultan Bidang SosialPraktisi Media, Konsultan Riset Pasar, Konsultan Industri Kreatif, Konsultan Politik, dll
4Pendidik Bidang SosialGuru, Dosen, Tutor, dll
5Pemberdaya/Pendamping MasyarakatPekerja Sosial, Kewirausahaan Sosial, dll
6Perencana SosialPerencana Program Pembangunan (Lokal dan Nasional)

INFORMASI PENDAFTARAN

Program Sarjana

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Sarjana di Departemen Sosiologi dilakukan melalui:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN); dan
  • Seleksi Mandiri UGM (termasuk Penelusuran Bibit Unggul).

Informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri UGM akan diinformasikan kemudian di laman ini.

Daftar Mata Kuliah Program Sarjana

NAMA MATA KULIAHKODEJUMLAH SKSKATEGORIDESKRIPSI MATA KULIAH
Ilmu Sosial DasarSPFA2121003Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang filsafat ilmu mencakup dimensi epistemologi, ontologi, aksiologi, dan logika ilmu pengetahuan. Elemen- elemen tersebut akan dielaborasi dengan menggunakan metode pembelajaran dan contoh-contoh empiris sesuai kebutuhan mahasiswa tingkat awal.
Pengantar SosiologiSPSL2121013Wajib ProdiMata kuliah ini mengenalkan sejarah, konsep dan teori-teori sosiologi agar mahasiswa memiliki pemahaman yang kuat dalam disiplin sosiologi. Selain itu, mata kuliah ini bertujuan untuk merangsang daya imajinasi sosiologi mahasiswa agar memahami posisi sosial mereka dalam konteks zaman yang berubah.
Sosiologi PerkotaanSPSL2121553Pilihan ProdiMata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis tentang kota dan perkotaan dari lokal sampai global dalam aras sosiologi. Mata kuliah ini mengusung isu-isu kontemporer perkotaan seperti smart city, kota inklusif, dan kota kreatif. Adapun objek kajiannya terkait langsung dengan tindakan, relasi sosial, perubahan masyarakat dan kebijakan publik kota.
Lingkungan Hidup dan Masyarakat BerkelanjutanSPSL2121033Wajib ProdiMata kuliah ini memfasilitasi pemahaman sosiologis tentang berbagai problem dan krisis lingkungan hidup pada level global, sebab-sebab dan akibat-akibatnya, serta gerakan lingkungan hidup untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan.
Sociology of Conflict and ReconciliationSPSL2121273Pilihan Prodi *ImmersionThe Syllabi frames the overall learning process to carry out the courses to enhance student capacities and skill to comprehend conflict and peace building theories and practical conflict transformation and reconciliation. Combining various methods of lecture and learning process of theoretical and practical exercises, such presentation, group class discussions, role playing, active learning through individual and group tasks, student will be facilitated to reach better.
Sosiologi BudayaSPSL2121263Pilihan ProdiMata kuliah ini memberikan dasar pemahaman mengenai fokus pembahasan sosiologi budaya yang secara substansial terdiri dari tiga ruang lingkup objek kajian budaya dan masyarakat, yakni: Pertama, budaya sebagai jejaring makna (culture as webs of meanings) termasuk bagaimana proses pembentukan makna tercipta (process of meaning making); variasi makna yang terbentuk; bagaimana makna mempengaruhi tindakan manusia; bagaimana makna mampu menciptakan kohesi sosial, memunculkan bentuk-bentuk dominasi dan juga resistensi, serta kaitan antara makna dan konstruksi identitas budaya. Kedua, kebudayaan sebagai kelembagaan sosial yang membahas bagaimana institusi budaya terbentuk dan menginvestigasi bagaimana budaya dilembagakan sebagai institusi sosial modern, politik dan ekonomi dalam perkembangan industri budaya. Ketiga, kajian kritis budaya dan masyarakat kontemporer terutama budaya populer dalam masyarakat kapitalis global
Metode Penelitian SosialSPFA2122043Wajib FakultasMata kuliah ini mengenalkan tentang prinsip dasar metode penelitian sosial baik dalam kerangka filsafat ilmu maupun penerapannya. Prinsip dasar tersebut akan dielaborasi dengan menggunakan metode pembelajaran dan contoh-contoh empiris sesuai kebutuhan mahasiswa tingkat awal.
Perencanaan Tugas AkhirSPSL2121523Wajib ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memfasilitasi mahasiswa dalam merencanakan dan menyelesaikan tugas akhis sebagai prasyarat kelulusan. Kelas akan terbagi menjadi beberapa kelompok kecil berdasarkan jenis dan topik tugas akhir dari mahasiswa peserta kelas. Perkuliahan akan dijalankan secara daring penuh.
Penulisan AkademikSPFA2121052Wajib UniversitasMata kuliah ini memperkenalkan bagaimana menulis karya tulis ilmiah yang sesuai dengan kaedah akademik dengan menekankan proses pembelajaran pada praktik penulisan. Materi dan praktik dalam kuliah ini sangat penting mengingat bahwa menulis karya tulis ilmiah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh masing-masing mahasiswa guna menunjang kesuksesan studinya.
Kesetaraan dalam Isu Kesehatan dan PandemiSPSL2121043Wajib ProdiMata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami dan menumbuhkan kesadaran tentang nilai-nilai kesetaraan dalam isu-isu kesehatan kekinian dan dinamika pandemi.
Pengantar Ilmu PolitikSPFA2121043Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan gambaran tentang apa itu ilmu politik dan bagaimana ilmu politik memahami kekuasaan. Dalam perspektif sosiologi, ilmu politik bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana kekuasaan beroperasi, mempengaruhi dan bahkan membentuk perilaku dan persepsi individu dan kelompok dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Teknik pembahasan dalam mata kuliah ini menggunakan ilustrasi dan kasus.
Studi KepemudaanSPSL2121563Pilihan ProdiMata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk mempelajari Studi Kepemudaan (Youth Studies) secara kritis. Secara spesifik, studi kepemudaan memfasilitasi mahasiswa untuk mengenali, memahami dan melakukan perubahan sosial terkait dengan masalah-masalah kepemudaan. Mata kuliah ini menawarkan beragam teori dan perspektif youth studies serta sejumlah studi kasus sebagai ilustrasi. Secara substantif, mata kuliah ini mempertemukan logika teori sosial secara integratif dengan mengaitkan berbagai konteks, teorisasi, temuan lapangan sampai dengan analisis hasil riset.
Transformasi Kerja dan Keadilan SosialSPSL2121023Wajib ProdiMata kuliah ini mendiskusikan tentang moda produksi kapitalisme dan perkembangannya saat ini, serta konsekuensi ketenagakerjaan yang tercipta. Mata kuliah ini juga memberikan perspektif makro, meso dan mikro untuk menganalisis isu-isu ketenagakerjaan dan perburuhan, seperti konteks ekonomi-politik global, pergeseran kebijakan ketenagakerjaan, serta labour process and control di tempat kerja. Melalui berbagai perspektif tersebut, mahasiswa dapat membangun pandangan kritis atas isu-isu ketenagakerjaan berlandaskan spirit keadilan sosial.
Pembangunan dan Ketimpangan GlobalSPSL2121303Pilihan ProdiKuliah ini membahas teoritisasi pembangunan dan ketimpangan serta penerapan konsep tersebut dalam kajian global dan nasional. Diskusi meliputi pemetaan dan perkembangan teori serta metode pengukuran pembangunan dan ketimpangan. Mata kuliah ini juga membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing perspektif tersebut serta paradoks pembangunan termasuk isu ketimpangan global.
Teori Advokasi SosialSPSL2121463Wajib ProdiMata kuliah ini memberikan stock of knowledge khususnya sejumlah teori yang lebih aplikatif untuk memperkuat analisis sosial atas berbagai isu kebijakan publik, gerakan sosial, praktek pemberdayaan sosial (capacity building), advokasi politik desa (penguatan partisipasi warga dalam gerak demokrasi & pembangunan dan penguatan otonomi desa), reforma agraria, advokasi inklusi sosial seperti pengarusutamaan kesetaraan/keadilan gender dan perlindungan anak, advokasi agama/kelompok penghayat/aliran kepercayaan, advokasi pendidikan yang membebaskan, dan sebagainya. Mata kuliah ini memprioritaskan sejumlah teori dan pendekatan yang aktual dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan tren sosial yang tengah berkembang di masyarakat.
Sistem Sosial Politik IndonesiaSPFA2121023Wajib FakultasMata kuliah ini bertujuan untuk memahami kehidupan sosial politik dalam pengembangan menuju masyarakat bangsa dan negara demokratis. Topik pembahasan meliputi cara berpikir sosial untuk memahami dinamika dimensi politik, kehidupan sosial politik kontemporer dalam pluralitas dan tantangan yang dihadapi, dan kelembagaan sosial politik demi mewujudkan masyarakat bangsa dan negara demokratis.
Sosiologi EnergiSPSL2121593Mata Kuliah Lintas Disiplin (MKLD)Mata kuliah ini mengenalkan cara pandang sosiologi dalam melihat hubungan energi dengan masyarakat, dan relasi keduanya, sehingga mampu meningkatkan kepekaan dan kemampuan analisis kritis mahasiswa terhadap hubungan energi dan masyarakat. Mata kuliah ini juga memberikan ilustrasi irisan lintas disiplin yang menegaskan cara berpikir bahwa persoalan energi dan masyarakat tidak bisa didekati dengan satu disiplin, melainkan dari berbagai disiplin. Cara pandang tersebut akan mengajak mahasiswa berpikir kritis dengan cara melihat dari berbagai sisi realitas isu kebijakan, rekayasa sosial, praktik konsumsi, teknologi dan dampak sosio-ekonomi. Mata kuliah ini didukung oleh pengajar dengan latar belakang lintas disiplin dan mempunyai pengalaman riset energi dan sosial berskala nasional maupun internasional.
Teori Sosiologi ModernSPSL2121443Wajib ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk memberi pemahaman dasar teoritik lebih lanjut kepada mahasiswa tentang perkembangan teori-teori sosiologi di seputar pergantian abad ke-20 (tahun 1900) hingga kini. Substansi mata kuliah ini lebih menekankan pada mazhab/aliran pemikiran dari para sosiolog yang merepresentasikan komunitas epistemiknya masing- masing, secara khusus merujuk pada sosiologi modern Amerika dan modernitas lanjut.
Sosiologi PolitikSPSL2121223Pilihan ProdiMata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara kerja dimensi politikal dalam kehidupan masyarakat dan bagaimana mengatasi persoalan sosial secara politik dalam masyarakat yang demokratis. Mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan yang diskursif dan produktif untuk pengembangan wacana dan pengetahuan yang mampu menjadi penopang bagi perkembangan masyarakat menuju masyarakat yang demokratis.
Kriminalitas dan Masyarakat di Era DigitalSPSL2121213Pilihan ProdiMata kuliah ini membahas dinamika persoalan kriminalitas aktual dalam masyarakat di era digital seperti cybercrime, cyberbullying, data trafficking dan sebagainya. Mahasiswa diajak untuk menganalisis fenomena kriminalitas kekinian tersebut dengan menggunakan kacamata ilmu sosial, khususnya Sosiologi.
Metode Penelitian Kuantitatif IISPSL2121503Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Metode Penelitian Kuantitatif I yang diajarkan pada semester sebelumnya. Fokus pada mata kuliah ini lebih pada pengolahan data statistik lanjutan, yaitu inferensial.
Sosiologi KorupsiSPSL2121573Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan perspektif dalam memahami fenomena korupsi untuk memperkuat pondasi etik dan strategi praktis anti-korupsi di kalangan mahasiswa. Mata kuliah ini menggunakan perspektif multidisiplin dari kajian Sosiologi, Hukum, Politik, Ekonomi, dan Budaya dalam membedah persoalan korupsi di Indonesia yang telah digolongkan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) dan menjadi persoalan endemik-sistemik.
Sejarah Sosial Politik IndonesiaSPFA2121033Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman mendasar mengenai sejarah sosial dan politik dalam kehidupan masyarakat Indonesia untuk menganalisis berbagai permasalahan dan perkembangan sejarah kebangsaan yang terjadi dalam masyarakat, baik pada masa lampau maupun masa kini. Pemaknaan, pemahaman dan analisis tersebut berkaitan dengan berbagai faktor penopang/pembentukan berdirinya Negara Kesatuan Indonesia, baik kesatuan ekonomi, administrasi, sosial, politik, dan budaya.
Metode Penelitian Kualitatif IISPSL2121483Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan Metode Penelitian Kualitatif I. Mata kuliah ini membahas empat jenis metode, yaitu studi kasus, life history dan oral naratif, etnografi, dan metode sosiologi visual.