Profil Program Studi


Kami memberikan landasan yang komprehensif berupa pemahaman, aplikasi, daya kritis dan kontekstualisasi yang kuat mengenai teori dan metodologi


Prodi S1 Sosiologi Fisipol UGM memiliki keistimewaan pada trademark yang menyejarah, konsisten dan terus menerus dikembangkan khususnya terkait dengan teori dan metodologi. Keduanya merupakan aspek substantif terpenting dalam keilmuan sosiologi global. Kami memberikan landasan yang komprehensif berupa pemahaman, aplikasi, daya kritis dan kontekstualisasi yang kuat mengenai teori dan metodologi sebagai bekal mahasiswa yang berguna untuk memasuki dunia kerja ke depan dan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Terwujudnya institusi pendidikan berbasis riset yang berorientasi pada pencerahan dan social empowerment

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan analisis dan tafsir sosial
  • Melakukan penelitian yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Sosiologi
  • Melaksanakan pengabdian yang berorientasi pada pemecahan masalah-masalah sosial

Profil Lulusan


Prodi S1 Sosiologi memiliki beberapa kategori lulusan berbasis kesepakatan dari Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APPSI), kemajuan digital teknologi mutakhir, demand pasar kerja, dan perubahan sosial di masyarakat.


Profil Lulusan Selengkapnya
NoKategoriJenis Pekerjaan
1Analis SosialPengamat Kebijakan Publik, Digital Workers, dll
2Peneliti SosialPeneliti, Pekerja Kreatif, dll
3Konsultan Bidang SosialPraktisi Media, Konsultan Riset Pasar, Konsultan Industri Kreatif, Konsultan Politik, dll
4Pendidik Bidang SosialGuru, Tutor, dll
5Pemberdaya/Pendamping MasyarakatPekerja Sosial, Kewirausahaan Sosial, dll
6Perencana SosialPerencana Program Pembangunan (Lokal dan Nasional)

INFORMASI PENDAFTARAN

Program Sarjana

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Sarjana di Departemen Sosiologi dilakukan melalui:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN); dan
  • Seleksi Mandiri UGM (termasuk Penelusuran Bibit Unggul).

Informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri UGM akan diinformasikan kemudian di laman ini.

Daftar Mata Kuliah Program Sarjana

NAMA MATA KULIAHKODEJUMLAH SKSKATEGORIDESKRIPSI MATA KULIAH
Ilmu Sosial DasarSPFA2121003Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang filsafat ilmu mencakup dimensi epistemologi, ontologi, aksiologi, dan logika ilmu pengetahuan. Elemen- elemen tersebut akan dielaborasi dengan menggunakan metode pembelajaran dan contoh-contoh empiris sesuai kebutuhan mahasiswa tingkat awal.
Pengantar SosiologiSPSL2121013Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang mengenalkan sejarah, konsep, teori-teori dasar untuk mengenalkan pikiran dan dasar-dasar sosiologi agar mahasiswa memiliki pemahaman dasar dalam disiplin sosiologi, pengantar ini juga dimaksudkan untuk merangsang daya imajinasi sosiologi mahasiswa
Sosiologi PerkotaanSPSL2121553Pilihan ProdiKota dan perkembangan perkotaan sangat lekat dengan dimensi sosiologi, kota dan perkotaan telah menciptakan kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik dalam waktu bersamaan. Kondisi tersebut menegaskan bahwa kehidupan kota dan perkotaan tumbuh dinamis, terlebih di era globalisasi ini. Di sisi lain, kota dan perkotaan menyimpan masalah sosial yang tak kunjung dapat diselesaikan. Fenomena tersebut mengingatkan kita pada konsep klasik Durkheim dan konsep postmodern Henry Levebre tentang ruang, dimana dalam pandangan kedua tokoh tersebut, ruang telah menciptakan nilai, norma, pengetahuan, status dan peran. Argumentasi tersebut menandakan bahwa tindakan sosial masyarakat bisa jadi bukan muncul alamiah dari proses interaksi antar individu semata, akan tetapi muncul karena desakan struktur kota berupa nilai, norma, pengetahuan, status dam peran yang tentu saja berbeda dengan desa dan perdesaan. Kota dan perkotaan menawarkan heterogenitas dan kehidupan dinamis warganya, sehingga masalah dan konfliknyapun sangat kompleks. Selain itu, kesenjangan desa-kota juga memiliki pengaruh pada relasi kota dengan kawasan hinterland sekitarnya. Mata kuliah sosiologi perkotaan bertujuan mengajak mahasiswa untuk memahami definisi, konsep dan praktik kehidupan kota dan perkotaan, selain itu mengajak mahasiswa untuk melakukan analisis kritis tentang perkotaan yang penuh dengan interseksi isu maupun masalah. Diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan analisis kritis tentan kota dan perkotaan, kemudian mahasiswa mempunyai keterampilan pemetaan masalah dan kasus khas masyarakat kota-perkotaan. Mata kuliah ini sudah dilengkapi dengan RPKPS, dan materi perkuliah dalam bentuk PPT maupun media pembelajaran lainnya.
Lingkungan Hidup dan Masyarakat BerkelanjutanSPSL2121033Wajib ProdiMata kuliah ini memfasilitasi pemahaman sosiologis tentang berbagai problem dan krisis lingkungan hidup, sebab-sebab & akibat-akibatnya, dan gerakan lingkungan hidup yang mengiringinya baik yang terjadi pada level global maupun yang terjadi di Indonesia. Untuk perkuliahan semester ini, isu dan dampak perubahan iklim (climate change) akan menjadi fokus diskusi. Lebih dari itu, perkuliahan ini diharapkan juga bisa membangun kesadaran, kepedulian, dan keterlibatan para mahasiswa dalam memecahkan berbagai problem lingkungan hidup, terutama di Indonesia.
Sociology of Conflict and ReconciliationSPSL2121273Pilihan Prodi (Immersion)This course on Sociology of Conflict and Reconciliation is designed to provide student knowledge and skill to undertand conflict and promote reconciliation in transformative way. The main focus would be contemporary issues of conflict and peace building from transformation perspective. Critical and transformation approach will guide learning process. Based on cases of conflict and peace building practices drawn from many regions the courses facilitates student to discuss and elaborate cases and drawn lessons that can be learned for better conflict analyses and peace building practices. The courses is mainly aimed to facilitate student to comprehend contemporary issues of conflict and reconciliation from transformation perspectives. It is expected that student would not only have a better understanding about conflict and peace building theories, but also have capacities and skill to manage and transform conflict in long-term perspective of sustainable peace and reconciliation. Participatory and active learning process is the learning methodology will be used in this course. It is assumed that student will interested and learn the subject if the student concerns and experiences are heard and cases are presented to get lessons that can be learned from the cases to comprehend and develop practical knowledge. Critical and emancipation knowledge and practical development is used to develop better understanding and practical skill to resolve and transform conflict into sustainable peaceful development and reconciliation.
Sosiologi BudayaSPSL2121263Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk membahas substansi teori dan praktik kajian budaya dan masyarakat; (1) budaya sebagai sistem pembentukan makna; (2) budaya sebagai proses pelembagaan sosial; (3) kebudayaan di dalam konteks masyarakat kapitalis secara global dan lokal.
Metode Penelitian SosialSPFA2122043Wajib FakultasMata kuliah ini mengenalkan tentang prinsip dasar metode penelitian sosial baik dalam kerangka filsafat ilmu maupun penerapannya. Prinsip dasar tersebut akan dielaborasi dengan menggunakan metode pembelajaran dan contoh-contoh empiris sesuai kebutuhan mahasiswa tingkat awal.
Perencanaan Tugas Akhir (Daring) SPSL2121523Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah baik secara teoritis maupun praktikal yang dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa melalui coaching clinic untuk menyusun proposal tugas akhir. Fokus pada mata kuliah ini ditekankan pada kemampuan individu merancang penelitian dengan memformulasikan prinsip metodologis serta teori-teori yang telah dipelajari di kelas Sosiologi sebelumnya.
Penulisan AkademikSPFA2121052Wajib UniversitasMata kuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa semester 1 dalam menulis karya ilmiah. Pada paruh pertama, mahasiswa akan memperoleh materi teknis mulai dari pengembangan kalimat yang efektif dan efisien, teknis mendapatkan dan menyeleksi sumber bacaan yang berkualitas, tata cara salingkung, dan perkenalan dengan perpustakaan. Pada paruh kedua, mahasiswa akan dibimbing untuk dapat mengembangkan penulisan, kajian pustaka, dan esai singkat. Seluruh materi membutuhkan partisipasi aktif melalui kolaborasi dalam kelompok. Keterampilan yang diperoleh dari mata kuliah ini berkontribusi pada kemampuan mendasar yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk jenjang-jenjang berikutnya.
Kesetaraan dalam Isu Kesehatan dan PandemiSPSL2121043Wajib ProdiMata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami dan menumbuhkan kesadaran tentang nilai-nilai kesetaraan dalam isu-isu kesehatan kekinian dan dinamika pandemi.
Pengantar Ilmu PolitikSPFA2121043Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan gambaran tentang apa itu ilmu politik dan bagaimana ilmu politik memahami kekuasaan. Dalam perspektif sosiologi, ilmu politik bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana kekuasaan beroperasi, mempengaruhi dan bahkan membentuk perilaku dan persepsi individu dan kelompok dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Teknik pembahasan dalam mata kuliah ini menggunakan ilustrasi dan kasus.
Studi KepemudaanSPSL2121563Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan mengajak mahasiswa mempelajari Studi Kepemudaan (Youth Studies) secara kritis. Secara spesifik, studi kepemudaan memfasilitasi mahasiswa untuk mengenali, memahami dan melakukan perubahan sosial terkait dengan masalah-masalah kepemudaan. Sebagai mata kuliah pilihan Jurusan, studi kepemudaan menawarkan beragam teori dan perspektif youth studies serta sejumlah studi kasus sebagai ilustrasi. Secara substantif, mata kuliah ini mempertemukan logika teori sosial secara integratif dengan mengkaitkan berbagai konteks, teorisasi, temuan lapangan sampai dengan analisis hasil riset.
Transformasi Kerja dan Keadilan SosialSPSL2121023Wajib ProdiMata kuliah ini mendiskusikan tentang moda produksi kapitalisme dan perkembangannya saat ini, serta konsekuensi ketenagakerjaan yang tercipta. Mata kuliah ini juga memberikan perspektif makro, meso dan mikro untuk menganalisis isu-isu ketenagakerjaan dan perburuhan, seperti konteks ekonomi-politik global, pergeseran kebijakan ketenagakerjaan, serta labour process and control di tempat kerja. Melalui berbagai perspektif tersebut, mahasiswa dapat membangun pandangan kritis atas isu-isu ketenagakerjaan berlandaskan spirit keadilan sosial.
Pembangunan dan Ketimpangan GlobalSPSL2121303Pilihan ProdiKuliah ini membahas teoritisasi pembangunan dan ketimpangan serta penerapan konsep tersebut dalam kajian global dan nasional. Diskusi meliputi pemetaan dan perkembangan teori serta metode pengukuran pembangunan dan ketimpangan. Mata kuliah ini juga membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing perspektif tersebut serta paradoks pembangunan termasuk isu ketimpangan global.
Teori Advokasi SosialSPSL2121463Wajib ProdiMata kuliah ini memberikan stock of knowledge khususnya sejumlah teori yang lebih aplikatif untuk memperkuat analisis sosial atas berbagai isu kebijakan publik, gerakan sosial, praktek pemberdayaan sosial (capacity building), advokasi politik desa (penguatan partisipasi warga dalam gerak demokrasi & pembangunan dan penguatan otonomi desa), reforma agraria, advokasi inklusi sosial seperti pengarusutamaan kesetaraan/keadilan gender dan perlindungan anak, advokasi agama/kelompok penghayat/aliran kepercayaan, advokasi pendidikan yang membebaskan, dan sebagainya. Mata kuliah ini memprioritaskan sejumlah teori dan pendekatan yang aktual dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan tren sosial yang tengah berkembang di masyarakat.
Sistem Sosial Politik IndonesiaSPFA2121023Wajib FakultasMata kuliah ini bertujuan untuk memahami kehidupan sosial politik dalam pengembangan menuju masyarakat bangsa dan negara demokratis. Topik pembahasan meliputi cara berpikir sosial untuk memahami dinamika dimensi politik, kehidupan sosial politik kontemporer dalam pluralitas dan tantangan yang dihadapi, dan kelembagaan sosial politik demi mewujudkan masyarakat bangsa dan negara demokratis.
Sosiologi EnergiSPSL2121593Mata Kuliah Lintas Disiplin (MKLD)Air, pangan dan energi merupakan nexus, yakni elemen-elemen yang saling terkait satu sama lain. Saat ini masyarakat Indonesia menghadapi krisis tiga elemen tersebut. Khususnya Energi sebagai bagian penting kehidupan masyarakat dalam perkembangannya berproses sangat dinamis. Terdapat dua perspektif utama membaca energi. Pertama, pertumbuhan ekonomi cara pandang ini menitik beratkan eksploitasi dan, kedua adalah keberlanjutan yang menitikberatkan pada keseimbangan manusia dengan alam. Kedua perspektif tersebut saling bertarung, dan menciptakan relasi kuasa negara-pasar dan aktivisme lingkungan masyarakat. Argumentasi di atas disebut sebagai ekonomi politik, merupakan salah satu cara pandang populer yang akan menjadi bagian dari diskusi dalam perkuliahan, dan masih banyak cara pandang lainnya. Sebagai mata kuliah lintas fakultas, sosiologi energi sangat khas menjelaskan fenomena energi dari sudut pandang sosiologi, sehingga sangat mudah digunakan untuk membantu menjelaskan hubungan energi dari berbagai disiplin ilmu. Mata kuliah ini juga mengembangkan diskusi interaktif dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, serta secara sistematis RPKPS dan materi perkuliahan telah disiapkan menggunakan learning management system (LMS), sehingga mempermudah mahasiswa mengikuti dan mendownload materi perkuliahan secara online. Ujian tengah dan akhir semester terbuka menyesuaikan hasil diskusi di kelas seperti analisis kasus dan essay. Harapannya sosiologi energi dapat menawarkan isu sosiologis yang kontekstual dengan kondisi saat ini, dan kebaruan cara berpikir serta analisis kritis pada mahasiswa peserta perkuliahan
Teori Sosiologi ModernSPSL2121443Wajib ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk memberi pemahaman dasar teoritik lebih lanjut kepada mahasiswa tentang perkembangan teori-teori sosiologi di seputar pergantian abad ke-20 (tahun 1900) hingga kini. Substansi mata kuliah ini lebih menekankan pada mazhab/aliran pemikiran dari para sosiolog yang merepresentasikan komunitas epistemiknya masing- masing, secara khusus merujuk pada sosiologi modern Amerika dan modernitas lanjut.
Sosiologi PolitikSPSL2121223Pilihan ProdiKuliah Sosiologi Politik ini diberikan untuk mendalami sosiologi politik dari berbagai perspektif teori dan pendekatan untuk memahami bekerjanya dimensi politikal dalam kehidupan sosial dan perlunya politik dalam kehidupan masyarakat. Kuliah sosiologi politik ini tidak hanya memberi pengetahuan tentang dimensi politikal dalam kehidupan sosial dan perlunya politik tetapi juga mengembangkan kepedulian memajukan perkembangan masyarakat menuju masyarakat demokratis. Melalui perkuliahan ini, peserta diharapkan memahami bekerjanya dimensi politikal dari kehidupan sosial dan bagaimana mengatasinya secara politik dalam masyarakat yang demokratis. Kuliah ini mendiskusikan bekerjanya dimensi politikal dalam masyarakat dan pentingnya mengelola kehidupan sosial atau publik menuju masyarakat demokratis. Kuliah diselenggarakan menggunakan metode pembelajaran kritis dan emansipatoris. Kritis dalam arti dalam kuliah ini peserta diajak berfikir melakukan tinjauan kritis terhadap permasalahan politikal dan melakukan perubahan menuju masyarakat yang demokratis. Emansipatoris dalam arti perkuliahan tidak hanya memperkenalkan teori dan data empiris, tetapi juga berdasar pengetahuan yang ada diharapkan tumbuh kepedulian melakukan perubahan menuju berkembangnya masyarakat yang demokratis.
Kriminalitas dan Masyarakat di Era DigitalSPSL2121213Pilihan ProdiMata kuliah ini membahas dinamika persoalan kriminalitas aktual dalam masyarakat di era digital seperti cybercrime, cyberbullying, data trafficking dan sebagainya. Mahasiswa diajak untuk menganalisis fenomena kriminalitas kekinian tersebut dengan menggunakan kacamata ilmu sosial, khususnya Sosiologi.
Metode Penelitian Kuantitatif IISPSL2121503Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Metode Penelitian Kuantitatif I. Fokus pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial antara lain perbandingan data antar kelompok (Chi Square, T-Test), korelasi dan analisis regresi linear sederhana.
Sosiologi KorupsiSPSL2121573Pilihan ProdiKuliah ini adalah mengembangkan perspektif mamahami fenomena korupsi untuk memperkuat pondasi etik dan strategi praktis anti-korupsi di kalangan mahasiswa. Mata kuliah ini menggunakan perspektif Sosiologi dalam membedah persoalan korupsi di Indonesia yang telah digolongkan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) dan menjadi persoalan endemik-sistemik.
Sejarah Sosial Politik IndonesiaSPFA2121033Wajib FakultasMata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman mendasar mengenai sejarah sosial dan politik dalam kehidupan masyarakat Indonesia untuk menganalisis berbagai permasalahan dan perkembangan sejarah kebangsaan yang terjadi dalam masyarakat, baik pada masa lampau maupun masa kini. Pemaknaan, pemahaman dan analisis tersebut berkaitan dengan berbagai faktor penopang/pembentukan berdirinya Negara Kesatuan Indonesia, baik kesatuan ekonomi, administrasi, sosial, politik, dan budaya.
Metode Penelitian Kualitatif IISPSL2121483Wajib ProdiMata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan Metode Penelitian Kualitatif I. Mata kuliah ini membahas empat jenis metode, yaitu studi kasus, life history dan oral naratif, etnografi, dan metode sosiologi visual.
Masyarakat Indonesia: Struktur dan Perubahan3Wajib ProdiSilabus ini dirancang sebagai acuan dalam penyelenggaraan perkuliahan mata kuliah Masyarakat Indonesia: Struktur dan Perubahan untuk Program Studi Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Perkuliahan di Universitas membutuhkan Silabus yang handal yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman. Tidak hanya memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, tetapi juga kegunaan ilmu pengetahuan dimaksud untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan mendorong kemajuan masyarakat. Selain itu, perkuliahan membutuhkan acuan Silabus untuk menerjemahkan materi-materi perkuliahan ke dalam proses pembelajaran yang sesuai sehingga hasilnya bisa dipastikan mencapai tujuan sebagaimana diharapkan.

Sebagaimana ditekankan dalam Silabus ini, mata kuliah ini diselenggarakan bukan hanya untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perlunya mempelajari masyarakat Indonesia, struktur dan perubahannya, tetapi juga untuk menumbuhkan komitmen nilai akan pentingnya menerapkan pengetahuan didapat guna memberikan kontribusi pada kemajuan masyarakat. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diajak untuk memahami pembentukan masyarakat Indonesia dan perkembangannya hingga kini dalam masyarakat Indonesia kontemporer. Tekanan perkuliahan terutama diberikan pada pemahaman mengenai pembentukan strukturnya yang relatif tetap dan perubahan sosial berlangsung dalam perkembangan zaman.

Mengacu pada Silabus ini, perkuliahan ini diharapkan mampu menumbuhkan pembahasan materi dan diskusi kelas yang diskursif yang dengan itu bisa diharap akan membuahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan komitmen mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan didapat guna mendorong kemajuan masyarakat. Untuk mencapai tujuan itu, berikut ini dipaparkan rancangan Silabus yang memuat di dalamnya tujuan perkuliahan, ruang lingkup materi, metode pembelajaran, metode penilaian dan susunan materi, ruang lingkup bahasan serta literatur diperlukan dalam perkuliahan
Teori Sosiologi Klasik3Wajib ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teoritik kepada mahasiswa dalam mempelajari teori sosiologi klasik dan kontekstualisasinya pada era kontemporer. Materi kuliah ini terdiri dari sejumlah pemikiran utama yang termasuk dalam kategori klasik baik dari tradisi pemikiran barat (Eropa dan Amerika) maupun Timur (Asia)
Teori Sosial Kontemporer3Wajib Prodi

Mata kuliah ini muncul dari kebutuhan Departemen Sosiologi Fisipol UGM untuk memaknai secara baru atas sejumlah tiga catatan berikut: pertama, dinamika perubahan sosial masyarakat yang sangat cepat telah menghadirkan berbagai fenomena sosial baru yang perlu dipahami dengan cara pandang yang baru pula; kedua, pembelajaran teori sosiologi klasik dan teori sosiologi modern masih berkutat pada cara pandang lama dan metode yang rigorous dan lebih berbasis pada cara kerja canon atau foundationalism (paham yang meyakini bahwa fenomena sosial sebagai sesuatu yang utuh, penuh, mapan, ajeg, fixed). Ketiga, proses pembelajaran sosiologi sebagai disiplin yang mapan tidak bisa menafikan pengelaborasian perspektif sosial kontemporer yang lebih bersifat multidisipliner (filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, sastra, dlsb) dan mengedepankan pentingnya produksi dan reproduksi “makna” (meaning), kontestasi makna, yang hanya bisa direngkuh dengan cara bekerjanya “permainan bahasa” (language game), “teks” dan produksi “makna” (meaning).

Teori Advokasi Sosial3Wajib ProdiBagi mahasiswa sosiologi, muncul kesenjangan (gap) dalam menerapkan teori sosiologi klasik, teori sosiologi modern, teori sosial postmodern, postruktural, dan postkolonial dalam Riset Aksi Partisipatoris (RAP) dalam keterlibatannya di persoalan sosial aktual di masyarakat. Untuk mengisi kesenjangan itu, mahasiswa membutuhkan stock of knowledge khususnya sejumlah teori yang lebih aplikatif untuk memperkuat analisis sosial atas berbagai isu kebijakan publik, gerakan sosial, praktek pemberdayaan sosial (capacity building), advokasi politik desa (penguatan partisipasi warga dalam gerak demokrasi & pembangunan dan penguatan otonomi desa), reforma agraria, advokasi inklusi sosial seperti pengarusutamaan kesetaraan/keadilan gender dan perlindungan anak, advokasi agama/kelompok penghayat/aliran kepercayaan, advokasi pendidikan yang membebaskan, dan sebagainya. Mata kuliah ini memprioritaskan sejumlah teori dan pendekatan yang aktual dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan semasa. Dengan kata lain, teori-teori yang disampaikan disesuaikan dengan prioritas tersebut dan tren sosial yang tengah berkembang di masyarakat.
Metode Penelitian Kuantitatif I3Wajib ProdiMata kuliah ini fokus pada penyusunan desain penelitian sosial berbasis pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan sekaligus praktik dalam menyusun desain proposal, merencanakan dan melakukan penelitian survei serta melakukan analisa statistik deskriptif.
Metode Penelitian Kualitatif I3Wajib ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keahlian-keahlian dasar dalam merancang serta mempraktekkan penelitian kualitatif, baik secara teoritis maupun praktek. Praktek kuliah lapangan dilakukan dalam grup, atau dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap mahasiswa di masa pandemi untuk melakukan desain, wawancara, transkripsi, hingga penulisan akhir laporan penelitian kualitatif
Metode Penelitian Kualitatif III3Wajib Prodi

Mata kuliah ini mempelajari tentang logika, etika dan pengaplikasian metode penelitian sosial kombinasi/campuran (mix method) serta mengenalkan metode-metode riset sosial berbasis data digital (digital methods). Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa agar dapat mendesain rencana penelitian sosial menggunakan mix method, serta mampu secara etis dan terampil mengumpulkan dan menganalisis data yang bersumber dari internet (website, media sosial, dsb) menggunakan digital methods.

Etika Sosial dan Emansipasi dalam Masyarakat Digital3Wajib Prodi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menjelaskan kepada mahasiswa tentang dimensi-dimensi etis dan emansipatoris untuk membaca dinamika masyarakat digital. Struktur masyarakat digital yang makin dipengaruhi oleh peran-peran signifikan dari aktor-aktor non-manusia, seperti; internet of things (IoT), algoritma, dan analisis-analisis (big) data untuk optimasi dan otomatisasi teknologi (misal; machine learning, artificial intelligence) menyiratkan semakin pentingnya memahami problem-problem sosial yang muncul dalam konteks masyarakat digital dengan pendekatan yang menekankan dimensi etika sosial dan emansipasi. Materi-materi pilihan yang akan didiskusikan dalam mata kuliah ini terkait dengan teori, konsep, dan praktiknya yang mudah ditemui untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis masyarakat digital.

Gender dan Seksualitas3Wajib ProdiMata kuliah ini membahas konsep dasar mengenai teori gender dan seksualitas yang berkelindan dengan aspek perbedaan lain yang ada di masyarakat seperti usia, disabilitas, ras, etnisitas, kelas sosial, status sosial dan kewarganegaraan. Secara spesifik, mata kuliah ini akan membahas makna dan perubahan peran gender terutama di Indonesia beserta proses-proses sosialnya sehingga berpengaruh dalam kehidupan kita. Mahasiswa juga akan terlibat dalam diskusi mengenai sejarah dan dinamika gerakan feminisme baik dalam konteks global maupun lokal. Hubungan antara gender, kekuasaan dan ketidakadilan serta hubungan antara gender dan pembangunan terutama di Indonesia serta prakteknya dalam ranah kebijakan di Indonesia juga dibahas dalam kuliah ini. Selain itu, ​​mahasiswa akan membaca, berdiskusi dan memahami lebih dalam mengenai kajian tentang seksualitas, queer, tubuh, dan maskulinitas dan interseksinya dengan persoalan kelompok marginal lainnya.
Politik Identitas dan Inklusi Sosial3Wajib ProdiMata kuliah ini memfasilitasi pemahaman dan mengembangkan kesadaran tentang menguatnya politik identitas di tingkat lokal, nasional, dan global, dalam upaya untuk mendorong terwujudnya tatanan yang lebih inklusif.
Sosiologi Hukum3Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman atas berbagai persoalan hukum sebagai gejala sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat kita, baik itu dalam konteks lokal, nasional, maupun global. Hukum juga merupakan produk interaksi, konstruksi berbagai kekuatan yang melingkupinya.
Sosiologi Pedesaan3Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman berupa konsep, teori dan dinamika perubahan praksis tentang pedesaan dengan mendasarkan pada perspektif sosiologi. Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis dengan mendalami objek kajian terkait pedesaan yang didalamnya mencakup struktur masyarakat, arena dan agen-agen perubahan sosial, budaya, dalam rentang sejarah desa sampai perkembangan kontemporer. Materi Sosiologi Pedesaan ini penting untuk dikaji dan didalami supaya mahasiswa memiliki bekal pengetahuan, konsep, teori, dan kepekaan pada isu-isu lokalitas desa, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan akademik dan sosial.
Demografi Sosial3Pilihan ProdiMata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami keterkaitan antara dinamika struktur dan komposisi penduduk, perubahan sosial dan kebijakan kependudukan. Aspek demografi sosial yang menjadi fokus kajian antara lain adalah perubahan struktur penduduk yang didorong oleh dinamika trend kelahiran, mortalitas dan arus migrasi baik dalam konteks global maupun nasional.
Sosiologi Keluarga3Pilihan Prodi

  • Mikro: Berkaitan dengan interaksi individu dalam pernikahan dan keluarga, pemilihan pasangan, pernikahan, perceraian, pengasuhan anak.

  • Meso: Institusi pernikahan, keluarga, dan kebijakan-kebijakan negara.

  • Makro: Pola perkawinan, keluarga, dan kekerabatan dari aspek demografi dan perubahan sosial. Keluarga berhubungan dengan kelas sosial, ras, dan etnisitas dalam masyarakat yang lebih kompleks. Penting untuk memberi perhatian pada sisi komparasi, crossculture, serta sisi history keluarga misal perubahan generasi.

Sosiologi Agama3Pilihan ProdiMata kuliah Sosiologi Agama ini menyajikan beberapa pokok bahasan berikut: pertama,  sekilas membahas latar konteks sosio-kultural-ekonomi-politik historis yang membentuk agama-agama sesuai dengan dinamika dan konteks perkembangan peradaban suatu masyarakat (dunia dan Indonesia). Materi ini akan tersampaikan pada kuliah sesi 1, sesi 2, dan sesi 3. 


Kedua, membahas sejumlah perspektif sosiologi tentang agama yang mencakup di antaranya: Sosiologi Klasik dan Modern (perspektif struktural-fungsionalisme, perspektif konflik, perspektif interaksionisme simbolik), Perspektif Postmodern, Perspektif Post-Strukturalisme, dan Perspektif Post-kolonialisme. Materi ini akan tersampaikan pada kuliah sesi 4, sesi 5, dan sesi 6. 


Ketiga, mengupas fenomena-fenomena sosial keagamaan yang kompleks dalam konteks Indonesia saat ini, seperti: menguatnya formalisasi agama, keterkaitan antara agama dan politik (politik identitas, toleransi/intoleransi, pluralisme, inklusi sosial, dll); hubungan agama dan budaya (inkulturasi budaya oleh agama);  keterkaitan agama dan aktivitas ekonomi (communitarian economy, charity, filantropis, dll); relasi antara agama dan gender (kesetaraan dan keadilan gender); relasi agama dan Pemuda Milenial di Era digital (praktik beragama di ruang digital); dan pembahasan tentang masa depan agama-agama. Materi ini akan tersampaikan pada kuliah sesi 8 sampai dengan sesi 13. 


Untuk menyiasati substansi perkuliahan yang padat, mahasiswa diminta jauh lebih aktif untuk membaca buku-buku teks secara mandiri. Keaktifan, kreativitas, dan kemandirian mahasiswa untuk membaca materi kuliah menjadi kunci dalam perkuliahan ini. Pada setiap sesi kuliah (synchronous, asynchronous), tim pengajar akan menyampaikan bahan materi dalam power point yang disertai rujukan pustaka buku, jurnal, dan link website.


 

Sosiologi Pariwisata3Pilihan Prodi

Mata kuliah ini mengeksplorasi dimensi sosio-kultural dari pariwisata di era kontemporer. Dengan tujuan memberikan pemahaman tentang dinamika pariwisata kontemporer menggunakan perspektif sosiologi, mata kuliah ini disusun secara tematik. Mahasiswa akan mendiskusikan topik-topik populer dalam praktik wisata meliputi interaksi turis dan lokal, perilaku wisatawan, kultur kuliner, desa wisata, pariwisata di era krisis, serta perkembangan pariwisata dalam konteks masyarakat digital (digital tourism). Mahasiswa akan membuat karya kreatif tentang sosiologi pariwisata di akhir perkuliahan

Sosiologi Ekonomi3Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan mengenalkan dan mengajak mahasiswa memahami perspektif sosiologi ekonomi sebagai salah satu alat analisis terhadap peristiwa ekonomi. Analisis terbagi ke dalam tiga unit analisis yakni mikro,mezzo dan makro sosiologi, begitu pula terkait dengan irisan-irisannya. Sebagai sebuah pengetahuan dasar, fenomena sosiologi ekonomi sangat dekat dengan kehidupan masyarakat yang dinamis mengikuti kondisi yang dialami oleh masyarakat itu, sendiri. Mata kuliah ini juga memberikan kasus-kasus yang mempertemukan logika ekonomi dengan analisis sosial, mengingat kegiatan ekonomi dipengaruhi oleh proses sosial. Adapun objek sosiologi ekonomi terkait langsung dengan tindakan, relasi sosial-ekonomi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan institusi sosial. Materi sosiologi ekonomi penting untuk dikaji mengingat penampakan teori dan prakteknya mudah ditemui dan saling bersinggungan dalam kehidupan masyarakat
Isu Kontemporer Sosiologi3Pilihan ProdiMata kuliah ini mengenalkan dan memahami isu-isu sosial kontemporer pilihan dalam kajian sosiologi maupun interdisiplin terutama yang berkaitan dengan dinamika pandemi, dan implikasi praktisnya dalam perubahan perilaku kehidupan sehari-hari.
Citizenship and Welfare in Indonesia3Pilihan Prodi (Immersion)This Syllabi is designed to use as guidance of the lecture on Citizenship and Welfare in Indonesia that given to the students at Undergraduate Program at the Faculty of Social and Political Sciences, Gadjah Mada University. Lecture at University requires a well-defined but flexible Syllabi to adapt the contemporary knowledge development and the need to promote better public policies. This Syllabi is especially designed by not only taking into account the current issues of citizenship and welfare, but also how to resolve the issues for better public policies. Moreover, lecture at University is also required a well
referential Syllabi to operationalize its subject matters into a learning process so that it will result with the expected objective of the lecture.
As will be outlined in this Syllabi, this course is carried out with the main objective to not only make student have a better understanding about the linkages between citizenship and welfare polity, but also to build commitment among students to responsible in applying their knowledge to contribute for better public policies. Through this course, student will be brought to an intellectual exercise that it will expected to come up with better understanding about political dimension of citizenship and its implications to improve welfare policy.
By using this Syllabi as a guidance, this lecture is expected to develop a discursive lecture and productive knowledge development that will significantly contribute to develop a new knowledge and to strengthen commitment among students to apply their knowledge to promote better welfare policies. To achieve those objectives, this designing Syllabi is presented to you that consists of the objectives of the lecture, scope of its subject matters, learning process, evaluation and reading materials that used in this lecture
Gerakan Sosial3Pilihan ProdiThis course plan is designed to guide the course on social movement for Undergraduate student at the Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada. This course plan can be used as a reference to carry out the course and learning process in a well manner. This course is developed by not only taking into consideration the current progress of knowledge on social movement, but also taking into account the practical issues of social movement that taking place in the current situation in Indonesia and global world. Through this course student is expected to be able not only to understand social movement taking place in contemporary society, but also to practically support for development and better improvement of public policy. To achieve those objectives, the course plan consists of objectives of the lecture, including the scope of materials, learning method, evaluation methods. All materials, learning process, and reading materials are used as reference respectively in this study.
Sosiologi Pendidikan3Pilihan ProdiMata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman atas berbagai isu Pendidikan yang berkembang di masyarakat serta mendorong mahasiswa untuk melihat dan menganalisa berbagai persoalan pendidikan itu dengan menggunakan pisau Analisa atau perspektif yang diberikan di dalam kelas. Teori sosiologi Pendidikan sangat bervariasi, diantaranya teori fungsional, teori bermazhab kritis, dengan tanpa melupakan gagasan Pendidikan yang sangat khas Indonesia, seperti pernah digagas oleh Ki Hajar Dewantoro, Syafei, dsb
Sosiologi Masyarakat Pasca Kolonial3Pilihan ProdiMata kuliah ini dirancang untuk memberikan basis pengetahuan tentang kajian pascakolonial dan pertautannya dengan Sosiologi baik sebagai pengetahuan maupun sebagai alat perubahan sosial. Kajian pascakolonial (postcoloniality) adalah suatu studi tentang bagaimana dekolonialisasi berlangsung di wilayah-wilayah bekas jajahan dan aspek-aspek historis apa saja dari kolonialisme yang masih bertahan hingga saat ini dan mempengaruhi konteks sosial, ekonomi dan politik, terutama di Indonesia.
Pertautan kajian Pascakolonial dengan Sosiologi adalah untuk memetakan bagaimana aspek-aspek kolonial (eksploitasi HAM, eksploitasi SDA, ketimpangan kelas, rasisme dan politik identitas) masih berlangsung baik dalam konteks lokal maupun global. Oleh karena itu, pertautan kajian pascakolonial dan Sosiologi atau ‘Sosiologi Pascakolonialitas’ adalah suatu studi dimana konstruksi sosial menjadi arena pengujian sosial politik atau upaya dekolonialisasi dan pemberdayaan dari ideologi, pengetahuan, dan praktik kolonialisme. Dalam upaya untuk memahami perangkat yang diperlukan untuk dekolonialisasi, maka kajian ini juga melibatkan pemahaman atas konteks kebudayaan yang bersifat spesifik, terutama di Indonesia.
Bencana, Kerentanan, dan Resiko3Pilihan Prodi

Mata kuliah Bencana, Kerentanan, dan Risiko adalah mata kuliah pilihan yang menawarkan kajian sosiologis tentang fenomena sosial kebencanaan yang jamak dialami masyarakat Indonesia. Ditilik dari aspek geografis, Indonesia yang terletak di dalam lingkup The Pacific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), memiliki konsekuensi pada tingginya tingkat kerentanan dan risiko bagi kehidupan sosial masyarakatnya. Sejumlah catatan menegaskan bahwa Indonesia adalah negara di peringkat puncak terkait dengan dampak bencana seperti gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi, angin topan, banjir, tanah longsor, kekeringan, dll.


Berbagai bencana yang terjadi di Indonesia itu terbukti telah menimbulkan berbagai macam dampak seperti korban jiwa, kerugian, kerusakan, dan meninggalkan beragam persoalan dalam kehidupan masyarakat, mulai dari persoalan sosial, budaya, ekonomi, politik, keamanan, kesehatan, hingga ekologi. Ilustrasi di atas berupaya menegaskan bahwa persoalan bencana bukan semata menyangkut persoalan yang bersifat alamiah (adanya deformasi alam) namun hal yang utama dan terutama adalah persoalan yang bersifat sosial (mostly social).


Dengan berpegang pada cara pandang bahwa disasters are not purely natural but mostly social, maka mata kuliah Bencana, Kerentanan, dan Risiko ini akan banyak menyajikan suatu pengantar bagi penelitian dan diskursus sosial tentang bagaimana persoalan bencana ini menjadi suatu situasi ekstrim, dramatis, dan mengubah beragam struktur dan proses sosial di masyarakat.