Profil Program Studi


Mendorong mahasiswa agar mampu menghasilkan penelitian yang relevan dengan perkembangan keilmuan kontemporer serta memiliki basis advokasi sosial.


Prodi S2 Sosiologi Fisipol UGM telah diselenggarakan sejak tahun 1983 dengan fokus pada cara berpikir kritis dan riset yang bersifat emansipatoris. Fokus tersebut merupakan pengembangan dialektis dari teori dan metodologi disiplin sosiologi serta inter-disiplin ilmu sosial. Sekaligus juga menjadi distingsi substansial bagi reproduksi keilmuan sosiologi dan ilmu sosial di jenjang regional maupun global. Fokus diterapkan melalui tiga klaster kajian secara inter-disiplin: (1) Digital Humanities, (2) Identitas dan Kewargaan Global, dan (3) Kebijakan Sosial. Ketiga klaster kajian bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar mampu menghasilkan riset yang relevan dengan perkembangan sosiologi dan ilmu sosial kontemporer serta memiliki basis advokasi sosial.

Terwujudnya institusi pendidikan berbasis riset yang berorientasi pada pencerahan dan social empowerment

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan analisis dan tafsir sosial, serta berpikir kritis
  • Melaksanakan penelitian yang berdasarkan pada prinsip-prinsip kritis dan emansipatoris
  • Menjalankan program pengabdian yang berbasis advokasi sosial
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian analisis dan tafsir sosial serta berpikir kritis
  • Menghasilkan para peneliti yang berpegang pada prinsip kritis dan emansipatoris
  • Menghasilkan insan akademik yang aktif melakukan pengabdian berbasis advokasi sosial

Profil Lulusan


Prodi S2 Sosiologi memiliki beberapa kategori lulusan berbasis kesepakatan dari Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APPSI), kemajuan digital teknologi mutakhir, demand pasar kerja, dan perubahan sosial di masyarakat.


Profil Lulusan Selengkapnya
NoKategoriJenis Pekerjaan
1Analis SosialAnalis Kebijakan dan Program Sosial, Analis Media Digital
2Peneliti SosialPeneliti Ahli Madya
3Konsultan Bidang SosialKonsultan Media, Konsultan Kebijakan dan Program Sosial, Konsultan Politik, Konsultan Industri Kreatif, Konsultan Kebijakan dan Program Kewarganegaraan
4Pendidik Bidang SosialDosen untuk Strata 1 (S1)
5Pemberdaya/Pendamping MasyarakatFasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan Sosial
6Perencana SosialPerencana Program Pembangunan (Lokal dan Nasional), Perencana Program Kebijakan Sosial

INFORMASI PENDAFTARAN

Program Magister Reguler

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Magister Reguler terdiri dari:

  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.
  1. Jalur Kerja sama
    Diperuntukkan bagi:
    a. pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
    b. pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
  1. Jalur Pelamar Beasiswa
    Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/pihak pemberi beasiswa.
  1. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
  1. Jalur Matrikulasi Pra Magister
    Diperuntukkan bagi pendaftar program matrikulasi pra magister.
  1. Jalur Berbasis Penelitian (by research)
    Diperuntukkan bagi pendaftar program Magister atau Doktor yang telah memiliki pengalaman penelitian dan publikasi sebelumnya, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi.

Informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri UGM akan diinformasikan kemudian di laman ini.

Daftar Mata Kuliah Program Magister Reguler

NoNama Mata KuliahJenisJumlah SKSSemesterDeskripsi Mata Kuliah
1Metode Penelitian KuantitatifWajib3GasalMata kuliah ini fokus pada pengenalan desain dan metode penelitian sosial berbasis pendekatan kuantitatif. Selain itu, mata kuliah ini juga mengenalkan beberapa metode dan teknis analisis statistik deskriptif dan inferensial.
2Teori Sosiologi 1 (Klasik dan Kontemporer)Wajib3Gasal
3Ekonomi Politik Kebijakan Sosial IndonesiaPilihan3GasalMata kuliah ini mempelajari hubungan antara ekonomi politik dan kebijakan sosial di Indonesia. Selama ini, pendekatan ekonomi konvensional berpendapat bahwa kebijakan sosial akan berpengaruh terhadap ekonomi, padahal, kebijakan sosial juga sangat ditentukan oleh interkoneksi antara politik dan ekonomi.
4Kebijakan Sosial: Konsep dan Isu Pilihan3GasalMata kuliah ini mengenalkan konsep-konsep kunci mengenai isu-isu kesejahteraan dan kebijakan sosial di Indonesia terutama bagaimana kebijakan tersebut dikontruksi dan dikontestasikan dalam masyarakat. Studi ini dirancang untuk merefleksikan pembentukan dan pengembangan kebijakan sosial, evolusi, prinsip negara kesejahteraan, masalah keadilan redistributif dan masalah etika dalam kebijakan sosial. Secara umum mahasiswa mempelajari bagaimana peran yang harus dimainkan oleh pemerintah, keluarga, masyarakat, dan individu dalam memberikan kesejahteraan, bagaimana kebijakan sosial dikembangkan dalam persaingan kepentingan dan kekuasaan dll.
5Kerangka Konseptual Identitas dan KewargaanPilihan3GasalMata kuliah ini fokusmpada Isu-isu identitas dan kewargaan yang mencakup demokrasi dan multikulturalisme, kepemudaan dan masyarakat digital, agama dan politik kebudayaan, dan mobilitas global berupa kerja, ketenagakerjaan dan diaspora, dan konflik dan perdamaian. Isu-isu utama ini merupakan matriks analisis atau isu paradigmatik yang menjadi kunci pembahasan identitas dan kewargaan.
6Diversitas, Demokrasi, dan Gerakan SosialPilihan3Gasal
7Teknologi, Humanisme, dan Humanisme DigitalPilihan3GasalMata kuliah ini memberikan basis relasi teknologi dan humanism dalam kerangka humanism digital. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang perkembangan teknologi dan humanisme dalam wujud perspektif humanisme digital dengan penekanan pada dimensi sosiologis interaksi antara revolusi teknologi, revolusi sosial, dan humanisme.
8Ekonomi Politik Media Digital Pilihan3GasalMata kuliah ini fokus pada tren kehadiran platform digital dan algoritma yg semakin menggurita dan menggantikan media konvensional. Dan secara khusus kuliah ini memakai perspektif ekonomi-politik untuk memahami kedua tren tersebut, serta melihat implikasinya dalam penataan ulang kehidupan sosial/kolektif mutakhir.
9Teori Kritik dan PostmodernismeWajib3GenapPerkuliahan memuat materi pokok teori kritik dan posmodernisme dalam perkembangan dan jenisnya serta bagaimana digunakan dalam analisis sosial dan membaca perkembangan masyarakat. Diperkenalkan kepada mahasiswa konteks perkembangan dan perdebatan teoritik berlangsung dan varian teori yang ada. Selain itu, diperkenalkan bagaimana penggunaan teori kritik dan posmodernisme dalam membaca realitas sosial dan perkembangan masyarakat terkini.
10Metode Penelitian KualitatifWajib2GenapMata kuliah ini memberikan pemahaman tentang keragaman pendekatan dan strategi penelitian kualitatif, dan membekali keterampilan dan pengalaman dalam kegiatan persiapan, pengumpulan data, analisis data dan penulisan laporan penelitian kualitatif.
11Seminar Penyusunan Rencana PenelitianWajib3GenapMata kuliah ini akan memberikan pengalaman mahasiswa mengenai teori dan praktik dalam mendesain rencana penelitian mereka. Dalam kuliah ini, mahasiswa akan menulis proposal penelitian mereka secara bertahap. Proses penulisan meliputi identifikasi topik penelitian dan pertanyaan penelitian, melakukan kajian pustaka, pemilihan metode penelitian, dan mengelaborasi rencana teori yang akan digunakan dalam analisis. Kuliah ini juga akan mengenalkan etika riset termasuk cara menuliskan referensi di dalam karya ilmiah.
12Gender, Inklusi, dan Keadilan SosialPilihan2GenapMata kuliah ini secara umum akan mengeksplorasi isu-isu gender dan kelompok marginal. Mahasiswa secara khusus akan difasilitasi untuk mendiskusikan peran dan dampak status gender dan kelompok marginal terhadap rumusan kebijakan dan keadilan sosial. Selain itu, terdapat elaborasi mendalam terkait praktik baik dan capaian penting yang dapat dilakukan ketika perspektif gender dan keberpihakan terhadap kelompok marginal disertakan dalam setiap proses pengambilan kebijakan. Pembahasan ini meliputi dinamika yang terjadi pada level keluarga, relasi personal, komunitas/masyarakat, dan negara. Terkait dengan pengayaan teori dan konsep, mata kuliah ini juga akan membahas tentang intersectionality untuk memberikan pemahaman bahwa terdapat berbagai kategori seperti gender, usia, ekonomi, ras, agama, adat, dan budaya yang saling terkait dan berinteraksi dalam menciptakan kesenjangan dan lapis-lapis diskriminasi. Mahasiswa juga akan terlibat dalam sesi diskusi mengenai konsep maskulinitas dan bagaimana pengaruhnya secara terhadap pengembangan maupun pembangunan kebijakan sosial selama ini. Selain penguasaan terhadap konsep dan teori, di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat melakukan refleksi tentang sejauh mana kapasitas dan tantangan dalam mengimplementasikan kebijakan berperspektif gender dan inklusif, termasuk strategi yang dapat diupayakan dalam tataran praksis.
13Ketenagakerjaan dan Kebijakan SosialPilihan3GenapMata kuliah ini mendiskusikan beberapa tema utama dalam ketenagakerjaan dan sosiologi kerja, serta kontekstualisasinya dengan kebutuhan respon kebijakan sosial atas masalah ketenagakerjaan kontemporer. Kuliah akan dimulai dengan konsep-konsep dasar ilmu sosial untuk memahami dunia kerja seperti capitalist mode of production, fordism dan post-fordism, global value chain dan international division of labour, serta labour process and control. Kemudian mahasiswa akan mendiskusikan perkembangan empiris terkini dunia ketenagakerjaan yang diakibatkan oleh perubahan demografi, teknologi, dan ekonomi-politik global. Bertolak dari itu semua, mahasiswa akan mendiskusikan berbagai model dan praktik kebijakan sosial terkait ketenagakerjaan dan perburuhan dengan perspektif kritis dan keadilan sosial.
14Sosiologi Agama, Identitas, dan KewargaanPilihan2GenapMatakuliah ini dimaksudkan untuk membahas dan memperbincangkan berbagai perspektif sosiologi agama sebagai alat untuk menganalisa fenomena sosial keagamaan yang berkembang di masyarakat, selain memberi ruang kemungkinan untuk melakukan kritik perspektif sosiologi agama mainstream yang selama ini digunakan sebagai sudut pandang utama dalam melihat gagasan, sikap, dan interaksi keagamaan yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Kuliah ini juga mengapresiasi berbagai perspektif local yang terdapat dalam kehidupan masyarakat, dalam rangka pengembangan sikap kebhinekaan, inklusivitas, dan dialogis.
15Mobilitas Global, Kewargaan, dan Budaya Kaum MudaPilihan2Genap
16Negara Digital dan Masyarakat GlobalPilihan3GenapKuliah ini berformat seminar yang didisain untuk level pascasarjana. Kuliah ini menganalisis dua tren mutakhir perkembangan globalisasi dan teknologi digital yang membawa implikasi penataan ulang distribusi kekuasaan di level global, regional, dan lokal. Empat pertanyaan pokok akan menjadi panduan keseluruhan sesi perkuliahan. Pertama, bagaimana cara kita memahami gejala kekuasaan dan sejauh mana sosiologi membantu mempertajam pemahaman kita terhadap tren dan distribusi kekuasaan?
Kedua, bagaimana tren globalisasi meredefinisi kekuasaan dan mengubah struktur kekuasaan di berbagai tingkat? Ketiga, sejauh mana teknologi digital dengan segala produk turunannya turut mengubah relasi kekuasaan di tingkat global dan domestik?
Yang terakhir, keempat, seberapa jauh “negara digital” menjadi aktor penting yang mengubah struktur politik-ekonomi-sosial-dan kultural dalam berbagai gelanggang dan bagaimana perlawanan terhadapnya?
17Masyarakat Siber dan Budaya DigitalPilihan3GenapMata kuliah ini secara umum membahas tentang fenomena cyber society atau masyarakat siber dan perkembangan budaya digital di era serbamedia. Secara khusus mata kuliah ini mendiskusikan teori dan perspektif kunci dalam mengkaji perkembangan masyarakat siber serta praktik budaya yang berkembang di era digital.
18TesisPilihan9Genap

  • Sebelum proses pembimbingan dan penyusunan Tesis, mahasiswa wajib mengikuti ujian Proposal/komprehensif yang dilaksanakan pada akhir semester 2.

  • Setelah ujian proposal/komprehensif selesai, mahasiswa langsung melakukan proses pembimbingan Penulisan tesis dapat diselesaikan pada semester 3 atau paling lambat semester 6 .

  • Ujian tesis dapat dilakukan dengan syarat memenuhi skor TOEFL/ACEPT (400/149) dan TPA (450) yang dipersyaratkan serta setelah memperoleh persetujuan pembimbing .

  • Perbaikan tesis diberi waktu 1-2 bulan sesuai tingkat revisinya dan apabila tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan maka wajib diuji kembali Mahasiswa yang belum lulus pada akhir semester 6 diberi perpanjangan waktu I semester dan wajib diselesaikan dalam perpanjangan waktu tersebut.

  • Apabila tidak bisa menyelesaikan studi pada waktunya, maka yang bersangkutan dinilai tidak mampu dan diminta untuk mengundurkan diri.