Capaian Pembelajaran Lulusan
1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, etika, dan tanggungjawab professional sesuai bidangnya;
2. Mampu berkomunikasi dan mengembangkan/membangun kepercayaan secara efektif dan efisien sesuai dengan bidang keahliannya;
3. Sensitif dan kritis terhadap masalah dan fenomena sosial dan mampu melakukan advokasi; dan
4. Mampu bekerja sama dengan segenap elemen dan memiliki kemampuan kritis sebagai dasar advokasi serta adaptasi yang tinggi.
1. Menguasai teori-teori sosiologi, teori sosial, dan metode penelitian sosial untuk mengkaji isu-isu sosial secara kritis;
2. Menguasai penerapan teori-teori sosiologi, teori sosial, dan interdisiplin untuk merespons secara aktif isu-isu kemanusiaan dan kehidupan pada level lokal, nasional dan global;
3. Menguasai pengelolaan perubahan sosial; dan
4. Menguasai prinsip-prinsip dan etika akademik.
1. Mampu menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode dan kaidah keilmuan disertai penerapannya sesuai dengan disiplin ilmu Program Studi;
2. Mampu memecahkan permasalahan dalam disiplin ilmu Program Studi melalui penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah; dan
3. Mampu mengembangkan kinerja dalam karir tertentu yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan secara komprehensif.
1. Mampu mengaplikasikan teori-teori sosiologi dan teori-teori sosial;
2. Mampu menganalisis secara kritis perubahan masyarakat digital;
3. Mampu memanfaatkan teknologi digital untuk misi-misi emansipatoris;
4. Mampu menganalisis kebijakan sosial secara kritis dan komparatif;
5. Mampu merumuskan opsi-opsi kebijakan sosial untuk keadilan sosial;
6. Mampu menganalisis isu-isu identitas dan kewargaan dalam konteks lokal dan global;
7. Mampu merumuskan strategi perjuangan untuk mewujudkan kewargaan yang inklusif dan setara;
8. Mampu menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk tulisan dan/atau produk kreatif; dan
9. Mampu berkomunikasi, berjejaring, dan berkolaborasi yang berlandaskan nilai empati serta emansipatoris guna memecahkan permasalahan kemanusiaan dan kehidupan.
Struktur Kurikulum
Semester 1 | Semester 2 | Semester 3 | Semester 4 |
---|---|---|---|
Metode Penelitian Kuantitatif (3 SKS) | Metode Penelitian Kualitatif (3 SKS) | Tesis (9 SKS) | Tesis (9 SKS) |
Teori Sosiologi 1 (Klasik dan Kontemporer) (3 SKS) | Teori Kritik dan Post-Modernisme (3 SKS) | Ujian Tesis dan Wisuda |
|
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) | Seminar Penyusunan Rencana Penelitian (3 SKS) |
||
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) |
||
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) |
||
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) | Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi (3 SKS) |
||
18 SKS | 18 SKS | 9 SKS | 9 SKS |
Mata kuliah Konsentrasi
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi: Media dan Humaniora Digital | Semester |
---|---|
Teknologi, Humanisme, dan Humanisme Digital | 1 |
Ekonomi Politik Media Digital | 1 |
Negara Digital dan Masyarakat Global | 2 |
Masyarakat Siber dan Budaya Digital | 2 |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi: Identitas dan Kewargaan | Semester |
Kerangka Konseptual Identitas dan Kewargaan | 1 |
Diversitas, Demokrasi, dan Gerakan Sosial | 1 |
Sosiologi Agama, Identitas, dan Kewargaan | 2 |
Mobilitas Global, Kewargaan, dan Budaya Kaum Muda | 2 |
Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi: Sosiologi dan Kebijakan Sosial | Semester |
Ekonomi Politik Kebijakan Sosial Indonesia | 1 |
Kebijakan Sosial: Konsep dan Isu | 1 |
Gender, Inklusi dan Keadilan Sosial | 2 |
Ketengakerjaan dan Kebijakan Sosial | 2 |